23 February, 2009

CERITA BERSAMBUNG TENTANG PKM

Kegiatan Awal PKM Depok 1
Oleh : Iwan Sumantri, S.Pd
( Anggota Kelompok SMP Negeri 1 Depok)



PKM (Pemantapan Kemampuan Mengajar) adalah salah satu mata kuliah yang
harus dijalani oleh peserta sertifikasi Jalur Pendidikan dengan bobot 6 SKS di semester genap. Berikut ini sekilas cerita pendek tentang PKM yang akan penulis sampaikan. Penulis adalah salah satu peserta kelompok PKM yang ditempat di SMP N 1 Depok denga empat rekan yaitu : Pak Karso Mulyo, M.Pd (ketua Kelompok), Pak Acmad Agus, S.Pd (Sekretaris+ Bendahara Kelompok) Pak Imam Santosa, S.Pd, Pak Ahmad Agus, S.Pd. Diawali dengan pembekalan hari Selasa, 10 Pebruari 2009, kami disatukan dalam sebuah Workshop khusus tentang Pembekalan PKM bersama-sama dengan guru pamong, dosen pembimbing dan panitia penyelenggara dari FMIPA. Kurang lebih 8 jam kami mengikuti work shop mulai dari registrasi,pembukaan oleh ketua Jurusan Pend.Mat(Dr. Hartono), Dekan FMIPA UNY (Dr. Ariswan), mendengarkan dan diskusi tentang materi Lesson Study "Mempertajam Mata,Telinga, dan Hati Guru Matematika Melalui Lesson studi (Djamilah Bondan Widjajanti,M.Pd), Materi Pedoman PKM (Sukirman, M.Pd), Simulasi Lesson Study, sampai ke penbentukan kelompok dan penyusunan rencana kegiatan PKM di sekolah masing-masing sampai terakhir penutupan. Banyak hal yang bisa kami dapatkan dari work shop tsb, terutama tentang Lesson study.

Setelah kegiatan Workshop, kelompok kami mempersiapkan diri u
ntuk melakuknan kegiatan seperti menyusun jadwal PKM yang berisi kegiatan-kegiatan tiap putaran seperti Pembahasan RPP, Implementasi RPP dan Refleksi Pembelajaran.

Kegiatan PKM kelompok Depok 1 diawali dengan penyerahan kami ke sekolah mitra yaitu ke SMPN 1 Depok ( sekolah SSN) oleh Dos
en Pembimbing (Atmini Dhoruri, M.S) pada hari Selasa, 17 Pebruari 2009 , yang alhamdulilah dalam pelaksanaannya berjalan lancar. Kemudian hari berikutnya kami Rabu, 18 Pebruari kelompok kami melaksanakan Kegiatan Pembahasan RPP ( Plan/Perencanaan )yang bertempat di Sekolah SMPN 1 Depok ( R. Perpustkaan) dari pukul 10.00 sd 13.00 yang dibimbing oleh guru pamong kami ( Pak Suhardi, S.Pd dan Bu Diah Wardhani) yang dengan tulus dan bijak membimbing kami berdiskusi untuk membuat RPP yang akan kami gunakan nanti dalam Implentasi RPP (Kegiatan DO nya). Alhamdulilah kami menghasilkan RPP awal, 5 RPP yang dapat kami diskusikan untuk di pakai pada waktu implementasi nanti. Cukup alot dalam mendiskusikan RPP yang kami buat. Tapi banyak hal yang dapat kami raih dan dijadikan modal dalam penyusunan RPP kelak nanti. Mudah-mudahan nanti kami pada pelaksanaan implementasi RPP sesuai dengan yang kami rencanakan yaitu Rabu sd Kamis 25-26 Pebrauri 2009 mulai pukul 07.00 sd pukul 15.00.

Bersambung

3 comments:

Achmad Agus S, S.Pd. said...

yang begini ini lho yang saya maksud, formatnya bagus. fotonya tertata rapi. besok di ajari lho...

Mulyati said...

Selamat ber PKM semoga bawa oleh-oleh inovasi pembelajaran sepulang PKM nanti

Iwan Sumantri said...

Makasih Pak Achmad Agus dan Bu Mul atas apresiasinya semoga kita selalu tetap berkarya !